Karya Tulis Ilmiah : Unsur-Unsur yang Tercantum Karya Ilmiah

Karya Tulis Ilmiah : Unsur-Unsur yang Tercantum Karya Ilmiah

Karya Tulis Ilmiah : Unsur-Unsur yang Tercantum Karya Ilmiah

Karya tulis ilmiah merupakan media komunikasi melalui tulisan hasil penelitian untuk memberitahu orang lain mengenai gagasan yang berlandaskan data spesifik hasil penelitian yang menjelaskan sebuah topik relevan yang anda ambil. Jenis karya tulis ilmiah sangatlah beragam, salah satunya adalah artikel, makalah dan skripsi. Setiap jenis karya tulis ilmiah ditulis dengan sistematika dan susunan yang berbeda. Namun secara umum, karya tulis ilmiah memiliki unsur yang sama. Artikel ini akan menjelaskan mengenai informasi unsur-unsur karya ilmiah.

Fungsi dan Unsur-Unsur Karya Tulis Ilmiah

Secara garis besar, karya ilmiah memiliki fungsi sebagai rujukan, sumber informasi untuk memperluas wawasan, dan penyebar ilmu dengan data yang orisinil. Tujuan karya tulis ilmiah sendiri antara lain menyampaikan ide atau gagasan, memenuhi tugas dalam studi, menyebarkan ilmu/hasil penelitian, dan bahan diskusi dalam sebuah seminar.

Dalam sebuah karya ilmiah, didalamnya pasti terdapat unsur-unsur yang tidak boleh dilewatkan. Apa saja unsur-unsur karya ilmiah tersebut, mari kita jabarkan.

  1. Judul

Judul ditulis dengan pilihan kata yang tepat dan dapat menggambarkan karya ilmiah secara keseluruhan. Judul menggunakan pilihan kata yang informatif dan manarik dengan jumlah kata tidak boleh lebih dari 15 kata. Judul harus bersifat concise yang artinya singkat, jelas, padat dan ringkas.

  1. Penulis

Penulis adalah orang yang membuat karya tulis ilmiah dengan mengikuti sistematik dan pedoman penulisan yang berlaku. Dalam sebuah karya ilmiah biasanya terdapat pernyataan penulis yaitu pernyataan jujur penulis secara akademis bahwa karya tulis ilmiah yang disusunya adalah asli hasil karya sendiri, belum pernah dipublikasi oleh orang lain.

Baca juga : loker penulis online

  1. Abstrak

Abstrak dalam karya tulis ilmiah biasanya terdiri dari satu alinea yang berisikan ringkasan laporan hasil penelitian. Isi abstrak harus menjelaskan secara komprehensif dan ringkas mengenai landasan teori yang relevan, tujuan penelitian, hasil penelitian dan kesimpulan.

  1. Pendahuluan

Pendahuluan adalah bagian yang memiliki 4 unsur didalamnya yaitu latar belakang, pendekatan dan perumusan masalah, tujuan dan manfaat, serta lokasi dan waktu pelaksanaan penelitian.

  1. Kajian teori

Kajian teori berisi telaah hasil-hasil penelitian atau teori peneliti terdahulu. Data dan informasi yang dicantumkan hendaknya up to date, terkait, revelan, dan mendukung konsep dasar maupun landansan berfikir.

  1. Metode penelitian

Unsur-unsur karya ilmiah ini memiliki bobot nilai yang tinggi dalam penulisan. Materi dan metode memuat data serta informasi mengenai hipotesis, materi penelitian, metode pengukuran dan analisis data.

  1. Hasil dan Pembahasan

Unsur ini adalah unsur yang berat dan sulit. Pendapat dan argumentasi yang dituliskan harus tetap fokus pada topik dan concice.

  1. Penutup

Unsur ini terdiri dari kesimpulan dan saran, daftar pustaka dan riyawat hidup.

Karya tulis ilmiah tidak akan bermakna jika dalam penyusunannya, tidak ada keterlibatan setiap unsur-unsur karya ilmiah. Unsur-unsur ini sudah tercantum dalam sistematika penulisan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat!.